Intrusion Alarm

5 Sensor Alarm Anti Maling untuk Keamanan Toko Retail dan Minimarket

Kamis, 20 Juni 2024 | 12:26 WIB

Rekomendasi Sensor Alarm Anti Maling untuk Keamanan Toko Retail dan Minimarket

Jakarta Alarm - Keamanan toko dan minimarket menjadi aspek penting bagi kelancaran operasional bisnis. Namun seringkali aspek ini kurang diperhatikan sehingga menimbulkan beberapa kerugian yang dapat menghambat operasional dan menimbulkan citra yang kurang baik.

Toko atau minimarket yang memiliki keamanan yang minim sangat beresiko terhadap berbagai ancaman kejahatan seperti pencurian, perusakan hingga perampokan. Ancaman ini tentunya akan berdampak pada keamanan produk, kenyamanan pelanggan dan keselamatan karyawan Adanya sistem keamanan yang memadai, menunjukkan komitmen terhadap keamanan dan kenyamanan pelanggan, sehingga hal ini dapat meningkatkan citra toko atau minimarket Anda.

Area toko yang aman menciptakan kenyamanan bagi pelanggan dalam berbelanja dan tentunya karyawan Anda dapat bekerja tanpa khawatir dengan keselamatan diri mereka. Jika diperhatikan seringkali keamanan di area toko dan minimarket hanya mengandalkan kamera CCTV. Padahal untuk mencegah dan mengantisipasi ancaman pencurian Anda membutuhkan sistem keamanan pendukung yaitu sistem alarm keamanan. Terutama saat toko beroperasional hingga malam hari dan beberapa toko retail yang memiliki tingkat ancaman kejahatan tinggi seperti toko emas, toko elektronik, money changer dan minimarket.

Dalam merancang sistem keamanan di area toko dan minimarket Anda, terdapat beberapa titik area yang perlu diperhatikan dan ditingkatkan keamanannya seperti area kasir, gudang penyimpanan, pintu masuk, jendela dan dibeberapa sudut area dekat pintu masuk.

Baca juga : 5 Produk Smart Home Yang Wajib Dimiliki : Ini Buat Rumah Makin Aman dan Nyaman

Sistem keamanan yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan keamanan di area toko dan minimarket Anda ialah sensor alarm anti maling. Sensor alarm anti maling merupakan alat yang efektif untuk menjaga keamanan toko retail dan minimarket dari pencurian. Dengan memilih sensor yang tepat dan menggunakannya dengan benar, Anda dapat meningkatkan keamanan toko.Berikut ini berbagai sensor alarm yang bisa Anda gunakan :

Sensor Gerak Anti maling (Sensor PIR)
Sensor gerak anti maling atau yang biasa dikenal dengan sensor gerak PIR (Passive Infrared Receiver). Sensor ini bekerja dengan cara mendeteksi setiap pergerakan yang ada disekitarnya dan memicu bunyi alarm saat sensor mendeteksi adanya pergerakan orang disekitarnya. Ada beberapa teknologi yang terdapat di sensor gerak PIR seperti menggunakan teknologi microwave dan pancaran sinar infra merah. Dan teknologi yang terpenting ialah pet friendly yang dapat meminimalisir alarm palsu yang diakibatkan oleh pergerakan hewan peliharaan. Berkat fitur ini, hewan peliharaan tidak terdeteksi oleh sensor alarm. Biasanya sensor ini digunakan untuk menjaga area didalam toko atau gudang.

Sensor Beam
Sensor beam atau yang biasa dikenal sensor fotolistrik atau photobeam merupakan perangkat keamanan yang menggunakan garis cahaya untuk mendeteksi gerakan atau intrusi. Sensor beam terdiri dari dua bagian terpisah yaitu pemancar (transmiter) dan penerima (receiver). Sensor beam bekerja dengan cara memancarkan sinar cahaya yang berbentuk inframerah yang tidak dapat terlihat namun dapat ditangkap oleh receiver. Ketika sinar cahaya inframerah tidk terhalang, receiver akan terus menerima sinyal. Namun, jika seseorang melewati garis sinar inframerah sehingga mengganggu sinyal antara transmitter dan receiver. Hal ini akan memicu bunyi alarm. Sensor beam inni cocok digunakan di area depan toko.

Door contact
Detektor pintu atau yang biasa dikenal dengan door contact adalah detektor yang memiliki 2 perangkat yang saling terhubung biasanya detektor ini terpasang di pintu atau jendela. Sisi 1 dipasang pada badan pintu sedangkan sisi lainnya terpasang di tepi pinggir rumah pintu

Kickbar
Berbeda dengan panic button yang memicu alarm bunyi dengan cara menekan tombol pada panic button, sedangkan kickbar memicu alarm aktif dengan cara menendang bagian kickbar. Detector ini digunakan ketika kasir atau recepsionis tidak dapat menekan panic button karena tangan disandera, kasir atau recepsionis dapat menggunakan kaki untuk memicu alarm aktif dengan cara menendang bagian pada kickbar.

Panic button
Panic button adalah perangkat yang berfungsi untuk memicu alarm aktif dengan cara menekan tombol. Panic button biasanya digunakan di area yang berpotensi adanya penodongan senjata atau pengancaman seperti area kasir

Baca juga : Kasir Ditodong Senjata! Pasang Panic Button Untuk Aktifkan Alarm Keamanan

Itulah beberapa sensor alarm anti maling yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan keamanan di area toko dan minimarket Anda. Penting untuk diingat bahwa sensor alarm anti maling hanyalah salah satu bagian dalam sistem keamanan toko. Kombinasikan dengan langkah-langkah keamanan lainnya, seperti kamera CCTV, penjaga keamanan, dan sistem kontrol akses, untuk menciptakan lingkungan yang aman dan terlindungi.

Keamanan toko retail dan minimarket harus menjadi prioritas utama bagi pemilik bisnis. Dengan menerapkan sistem keamanan yang komprehensif dan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat meminimalisir risiko pencurian, perampokan, kerusakan barang, dan meningkatkan keamanan toko Anda.

Perlu diketahui bahwa setiap toko memiliki kebutuhan keamanan yang berbeda. Konsultasikan dengan ahli keamanan profesional untuk mendapatkan solusi keamanan yang tepat untuk toko Anda.

Konsultasikan kebutuhan keamanan di lokasi Anda secara GRATIS dengan menghubungi jakartaalarm. Kami melayani survey lokasi, demo produk, dan desain sistem untuk memberikan sistem keamanan tepat guna sesuai dengan kondisi lokasi Anda. Didukung tim berpengalaman, yang telah melayani dan melakukan pemasangan di seluruh Indonesia sejak tahun 2001 dengan berbagai sistem keamanan yang kompleks seperti minyak & gas, gedung pemerintahan, rumah sakit, bank, multifinance, perkantoran,  minimarket, supermarket, dan perumahan. Tunggu apalagi, dapatkan dan nikmati berbagai layanan dari jakartaalarm.

Belanja elektronik security system yang aman dan terpercaya hanya di tokopedia jakartaalarm official store.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1-3 tahun garansi produk serta instalasi dan on-call service.

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.

Intrusion Alarm