Seputar Keamanan & Kriminal

Penyebab Terjadinya Kebakaran dan Cara Mencegahnya

Selasa, 16 Mei 2023 | 15:55 WIB

Penyebab Terjadinya Kebakaran dan Cara Mencegahnya

Jakarta Alarm -  Bencana kebakaran merupakan salah satu hal yang tidak kita inginkan, baik itu terjadinya di rumah, tempat bekerja, atau tempat lainnya. Tentunya hal ini akan sangat merugikan bagi mereka yang menjadi korbannya.

Jadi kita musti memahami dengan betul mengenai bagaimana cara mencegah terjadinya suatu kebakaran, dan apa saja sih penyebabnya? Yuk baca lebih lanjut pada artikel jakartaalarm yang kali ini akan membahas mengenai hal itu.

Penyebab Terjadinya Kebakaran

Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya kebakaran : 

  • Colokan Listrik

Apabila Anda memiliki colokan yang menumpuk maka sebaiknya dikurangin kuantitas colokannya, karena ada kemungkinan terjadinya korslet listrik dan insiden kebakaran.

Korslet listrik tersebut diakibatkan suhu yang panas karena colokan menumpuk, dan panas tersebut terperangkap, yang kemudian menjadi kebakaran.

  • Cairan Bahan Bakar

Penyebab terjadinya kebakaran berikutnya adalah cairan bahan bakar. Baik dari solar, bensin, minyak tanah, sampai ke parfum. Jadi sebaiknya Anda menyimpan cairan-cairan tersebut di tempat yang aman.

Suatu kebakaran bahkan akan lebih parah kondisinya apabila ada dua cairan yang terdapat dalam suatu ruangan, seperti lem dan parfum. Jarang sekali ada orang yang memahami bahwa dua kombinasi ini akan memicu kebakaran yang lebih ganas.

  • Rokok

Rokok bisa menjadi salah sati faktor penyebabnya kebakaran, tapi hal ini tentunya tergantung dengan bagaimana Anda membuang rokok Anda. Pastikan terlebih dahulu bahwa rokok yang Anda pengen buang memang sudah mati apinya.

Apabila Anda membuang rokok secara sembarangan di tempat sampah dimana ada bahan-bahan lain seperti kertas, plastik, dan bahan lainnya yang gampang terbakar, maka tentunya hal ini akan sangat berbahaya dan memungkinkan untuk memicu kebakaran yang besar.

  • Kabel Rusak

Kebakaran juga dapat terjadi apabila Anda menggunakan sebuah kabel yang sudah tidak layak atau sudah rusak. Jangan keseringan merapikan kabel dengan cara menggulungkannya, karena dapat mengakibatkan kabel rusak

Bisa dari pengelupasan kabel karena ada tikus yang gigit atau alesan lainnya, Anda perlu secara rutin melakukan pengecekan kabel untuk bisa memastikan keselamatan Anda dari terjadinya kebakaran.

  • Kemarau

Musim kemarau yang berjangkau panjang dapat menjadi faktor besar terjadinya suatu kebakaran. Contoh utama merupakan kebakaran hutan, hal ini tentunya sangat susah dikendalikan karena memang kita tidak bisa berbuat banyak apabila memang akibat dari alam.

Tapi dalam rumah, kita bisa melakukan metode penyiraman secara rutin supaya rumah kita tidak kering dan menjadi tidak mudah panas karena musim.

Baca Juga : 3 CCTV Bosch Termurah Mei

Cara Mencegah Kebakaran

  • Hati-Hati Dalam Pengunaan Kompor Gas

Jangan lupa untuk melepaskan selang gas pada suatu kompor apabila Anda berencana untuk berpergian dalam waktu yang lama. Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa tidak ada kebocoran pada selang serta juga lainnya.

  • Jauhkan Barang Mudah Terbakar Dari Sumber Api

Banyak sekali barang yang mudah sekali memicu api, seperti kertas, baju, seprai, dan barang-barang lainnya. Jadi Anda perlu memastikan bahwa segala barang yang mudah terbakar diletakan pada tempat yang aman.

  • Menggunakan Fire Alarm

Cara efektif dalam mencegah terjadinya kebakaran adalah untuk menginstall fire alarm. Sebuah alat untuk memberikan informasi apakah ada ancaman kebakaran atau tidak dengan mendeteksi adanya asap, suhu meningkat, thermal, dan lain-lain.

Salah satu fire alarm yang paling bagus adalah fire alarm dari Bosch bernama FCH-T320 Heat Detector, yang dapat mendeteksi adanya ancaman kebakaran dengan melihat peningkatan suhu suatu ruangan.

Produk itu dicampur dengan produk lain seperti merk GST dengan produk control panel FPC-500-4 menjadikannya sebagai kombinasi efektif untuk mencegah adanya kebakaran.

Anda dapat membelinya langsung pada Tokopedia  atau dengan kontak kami.



  • Susun Jalur Evakuasi

Langkah yang paling jarang dilakukan oleh orang, apalagi yang dirumah untuk menanggulangi terjadinya kebakaran adalah untuk menyusun jalur evakuasi apabila memang terjadi kebakaran.

Jangan pernah Anda menguncikan diri dikamar apabila sedang terjadi kebakaran, karena hal itu akan membawa bencana ke Anda dan dapat membuat Anda menjadi korban. Jadi siapkanlah jalur evakuasi, seperti jendela, pintu belakang, atau lainnya.

  • Bijak Dalam Pengunaan Listrik

Gunakanlah Listrik dalam rumah Anda sewajarnya dan juga sebijaknya tanpa melebihi beban kapasitas meter listrik ang ada dirumah Anda.

Jangan lupa juga untuk mematikan alat-alat listrik ketika sudah tidak digunakan lagi apabila Anda sedang meninggalkan rumah.

Baca Juga : CCTV WIFI, Pengertian dan Keunggulannya



Itulah penyebab terjadinya kebakaran dan juga cara-cara untuk mencegahnya. Semoga bermanfaat ya untuk Anda.

Apabila Anda sedang mencari produk-produk sistem keamanan seperti fire alarm, intrusion alarm, CCTV, dan lain-lainnya Anda dapat datang pada Tokopedia kami dan juga pada bagian produk website kami.

Jangan lupa juga untuk datangi blog kami untuk info-info lainnya mengenai sistem keamanan.









Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.