Intrusion Alarm

Pemilik Resto Harus Tau Ini! Cegah Kebakaran Dengan Deteksi Kebakaran Dini di Area Dapur

Jumat, 5 Juli 2024 | 16:37 WIB

cara mendeteksi indikasi kebakaran di area dapur dan langkah pencegahan yang tepat agar terhindar dari kebakaran

Jakarta Alarm -  Sebagai pemilik bisnis F&B, tentu Anda sangat memprioritaskan cita rasa di setiap hidangan. Tak jarang Anda mengevaluasi layanan dan interior ruangan untuk memastikan kenyamanan pelanggan. Lebih dari sekedar itu, sebagai pemilik restoran Anda memiliki tanggung jawab untuk memastikan keamanan dan keselamatan karyawan dan pelanggan Anda.

Anda pastinya menyadari mobilitas yang tinggi di area dapur, dapat membuat karyawan tanpa sadar melakukan kelalaian kerja yang dapat berakibat membahayakan keselamatan diri mereka sendiri, pelanggan dan tentunya aset properti Anda. Mengatasi hal ini Anda dapat mengantisipasi berbagai resiko yang mungkin saja dapat terjadi salah satunya kebakaran.

Dapur yang merupakan jantung dari sebuah restoran, memiliki potensi bahaya kebakaran yang dapat menimbulkan kerusakan parah, kerugian finansial, bahkan hilangnya nyawa. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara mendeteksi indikasi kebakaran di area dapur dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat agar terhindar dari kebakaran besar.

Baca juga : Cegah Kebakaran Akibat Kebocoran Gas dengan Detector Gas LPG DG-1 LPG

Tanda-Tanda Awal Kebakaran di Area Dapur

Berikut beberapa tanda-tanda awal kebakaran yang perlu Anda ketahui :

  • Bau hangus terbakar atau munculnya asap bisa menjadi salah satu tanda paling awal dari kebakaran. Jika Anda mencium bau asap yang tidak biasa, segera periksa sumber bau serta evakuasi area.
  • Rasa panas berlebih yang tidak seperti biasanya terutama di sekitar oven atau peralatan elektronik yang digunakan didapur, bisa menyebabkan korsleting listrik yang berujung pada kebakaran.
  • Percikan api yang dihasilkan dari kompor dan oven atau peralatan masak lainnya dapat dengan mudah memicu kebakaran apabila disekitar area tersebut terdapat bahan yang mudah terbakar.
  • Kerusakan peralatan masak seperti meleleh, retak, atau terbakar bisa menjadi tanda bahwa tingkat api terlalu panas dan berpotensi memicu kebakaran.

Baca juga : Smoke Detector! Deteksi Indikasi Kebakaran Dini, Cegah Kerugian Yang Lebih Besar

Langkah-langkah Pencegahan Kebakaran di Dapur

Berikut ini Langkah-langkah pencegahan kebakaran di dapur yang dapat Anda lakukan :

  1. Gunakan alat deteksi asap untuk membantu Anda mendeteksi adanya indikasi kebakaran dan memperingatkan Anda secepat mungkin sehingga memberi Anda waktu untuk mengevakuasi dan memadamkan api. Alat deteksi asap yang biasa digunakan untuk rumah dan dapur ialah smoke detector D273 atau heat detector D273TH dari Bosch Security System. Smoke dan Heat Detector ini dapat digunakan di sistem alarm keamanan resto Anda.
  2. Lakukan perawatan peralatan masak secara rutin. Selalu periksa dan bersihkan peralatan masak, oven, dan exhaust fan secara teratur untuk memastikan setiap alat berfungsi dengan baik dan tidak ada kabel rusak yang berpotensi menyebabkan kebakaran.
  3. Selalu sediakan alat pemadam api di sekitar dapur Anda agar setiap indikasi kebakaran daoat segera ditangani untuk mencegah kebakaran yang lebih besar. Pastikan alat pemadam yang digunakan sesuai untuk jenis kebakaran di dapur, seperti alat pemadam api powder atau wet chemical.
  4. Latih setiap karyawan Anda tentang pencegahan kebakaran dan prosedur pemadaman kebakaran. Pastikan semua karyawan Anda mengetahui prosedur keselamatan kebakaran, termasuk cara menggunakan alat pemadam api dan cara mengevakuasi area dengan aman. Pelatihan karyawan membantu Anda meminimalisir resiko kebakaran dan kerugian akibat kebakaran.
  5. Jaga selalu dapur resto Anda tetap rapi dan bersih. Hindari menyimpan bahan yang mudah terbakar di dekat kompor atau oven, serta segera bersihkan tumpahan minyak, lemak atau bahan lainnya yang mudah terbakar.
  6. Ingatkan karyawan untuk tidak meninggalkan kompor dan oven tanpa pengawasan.
  7. Periksa ventilasi resto Anda secara berkala. Pastikan exhaust fan di dapur berfungsi dengan baik agar asap dan panas dari aktivitas memasak tidak mengendap di dapur.

Anda sebagai owner juga dapat melakukan tindakan nyata dengan cara memfasilitasi alat deteksi kebakaran dan membuat SOP untuk meminimalisir timbulnya resiko kebakaran. Karyawan yang memahami tanda-tanda awal kebakaran dan menerapkan langkah-langkah pencegahan yang tepa memberi dampak bagi berjalannya bisnis Anda.

Anda dapat konsultasikan kebutuhan keamanan dan keselamatan di lokasi Anda secara GRATIS dengan menghubungi jakartaalarm. Nikmati berbagai layanan seperti survey lokasi, demo produk, dan desain sistem yang disediakan untuk memastikan lokasi Anda memiliki sistem keamanan tepat guna. Didukung tim berpengalaman, yang telah melayani dan melakukan pemasangan di seluruh Indonesia sejak tahun 2001 dengan berbagai sistem keamanan yang kompleks seperti minyak & gas, gedung pemerintahan, rumah sakit, bank, multifinance, perkantoran, minimarket, supermarket, dan perumahan. Tunggu apalagi, dapatkan dan nikmati berbagai layanan dari jakartaalarm.

Belanja elektronik security system yang aman dan terpercaya hanya di tokopedia jakartaalarm official store.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.

Intrusion Alarm