Intrusion Alarm

Kenali Komponen Utama Intrusion Alarm System

Senin, 28 Agustus 2023 | 16:21 WIB

Dalam sistem keamanan intrusi terdapat berbagai komponen perangkat keamanan diantaranya control panel, keypad atau control devices, sensor detektor, dan module.

Jakarta Alarm -   Dalam menjaga keamanan rumah dan properti Anda dari upaya perampokan dan pembobolan, Anda memerlukan adanya sistem keamanan yang dapat bekerja melindungi tempat Anda 24/7. Sistem keamanan yang paling umum digunakan adalah intrusion alarm.

Intrusion alarm system adalah sistem yang dirancang untuk memberi peringatan atau pemberitahuan saat terjadi intrusi. Dengan kombinasi sensor detektor dan teknologi canggih, sistem ini dapat memberitau pemilik atau petugas keamanan tentang situasi yang mencurigakan. Dalam artikel ini, akan membahas lebih dalam apa saja komponen utama yang membentuk sistem Intrusion Alarm. 

Komponen Utama dari Sistem Intrusion Alarm

Panel kontrol (Control Panel)

Panel kontrol adalah pusat pengendali yang memproses semua operasi dan aktivitas sistem. Atau bisa dikatakan jantung dari sistem Intrusion Alarm. Di mana sinyal dari sensor detektor diterima, diproses, dan direspon. Panel kontrol dapat diprogram menyesuaikan karaketeristik kebutuhan di tempat Anda. Control panel ini biasanya di pasang diruang server ataupun dibawah tangga.

Keypad (Control Devices)

Keypad atau control devices adalah perangkat kontrol yang digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan sistem alarm dengan memasukkan kode PIN atau autentikasi lainnya. Tidak hanya dapat mengaktifkan dan menonaktifkan alarm saja, keypad dapat digunakan untuk memprogram sistem intrusion alarm seperti setting tanggal dan waktu, menghapus dan menambahkan user code alarm. Keypad ini biasanya dipasang di sebelah pintu tempat Anda beraktivitas keluar rumah.

Sensor detektor

Sensor detektor adalah perangkat keamanan yang berfungsi untuk mendeteksi pergerakan manusia ataupun perubahan dalam lingkungan dan mengirimkan sinyal ke pusat pengendali untuk mengaktifkan alarm. Terdapat berbagai jenis sensor detektor diantaranya :

  • Sensor gerak (Motion Sensor) berfungsi untuk mendeteksi pergerakan manusia yang ada disekitar area yang dipantau. Ketika sensor gerak mengenali gerakan yang mencurigakan, ia akan mengirimkan sinyal ke panel kontrol untuk memicu bunyi alarm. Ada berbagai jenis sensor gerak, termasuk sensor inframerah pasif (PIR) dan sensor ultrasonik.
  • Sensor pintu atau jendela (Door/Window Sensor) berfungsi untuk mendeteksi aktivitas pintu atau jendela. Door contact terdiri dari dua bagian satu bagian dipasang di bingkai pintu atau jendela, dan yang lainnya dipasang di bagian sisi pintu atau jendela. Ketika pintu atau jendela dibuka dan kedua bagian sensor terpisah, sistem alarm akan aktif.
  • Pendeteksi kaca pecah atau glass break detector berfungsi untuk mendeteksi suara pecahan kaca dan dapat digunakan untuk mengidentifikasi upaya perampokan atau intrusi. Biasanya alat ini dipasang menghadap pintu kaca dan jendela kaca.

Siren dan strobo light

Siren dan strobe light merupakan perangkat keamanan yang dapat menghasilkan suara keras atau sinar cahaya yang mencolok saat panel mengirimkan sinyal untuk membunyikan alarm dipicu. Tujuannya adalah untuk memberitau orang sekitar bahwa ada situasi darurat.

Backup Power Supply

Seringkali perampok mencoba mematikan peralatan sistem keamanan dengan cara memutus sumber daya listrik, untuk itu diperlukan adanya backup power supply sebagai sumber daya cadangan apabila sumber daya listrik terputus. Sehingga sistem tetap berfungsi dalam situasi darurat.

Module Komunikasi

Berkat module komunikasi, saat ini sistem alarm modern dapat terhubung ke jaringan telepon, internet, atau seluler untuk mengirimkan pemberitahuan ke pemilik rumah atau ke pusat pemantauan keamanan. Didukung dengan aplikasi software yang disediakan, anda dapat mengendalikan alarm system dari jarak jauh. Saat ini profesional intrusion alarm bosch dapat dikendalikan dari jarak jauh menggunakan aplikasi RSC+ yang dapat Anda download melalui App Store atau Play Store.

Dari artikel ini disimpulkan bahwa sistem Intrusion Alarm terdiri dari rangkaian komponen yang saling terintegrasi untuk melindungi rumah atau properti Anda dari potensi intrusi atau upaya perampokan. Dengan menggunakan teknologi sensor detektor yang canggih dan panel kontrol yang cerdas, sistem ini dapat memberikan keamanan bagi Anda dan keluarga. Anda dapat merasakan ketenangan pikiran dimanapun Anda berada.

Jika saat ini Anda berencana untuk menginstal sistem Intrusion Alarm, pastikan Anda memahami fungsi dan manfaat setiap komponennya agar Anda dapat memilih solusi yang sesuai dengan kebutuhan keamanan Anda. Atau untuk memudahkan Anda membangun sistem keamanan, Anda dapat konsultasikan ke perusahaan sistem keamanan yang telah berpengalaman melayani sistem keamanan di berbagai sektor industri.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.

Intrusion Alarm