Seputar Keamanan & Kriminal

Komponen Fire Alarm System Addressable

Selasa, 21 November 2023 | 13:48 WIB

pusat kendali sistem alarm kebakaran

Jakarta Alarm -  Dalam sistem alarm kebakaran terdapat berbagai komponen yang saling terhubung dan menunjang satu sama lain. Setiap komponen berperan penting dalam sistem alarm kebakaran. Komponen-komponen yang terdapat di sistem alarm kebakaran addressable diantaranya panel kontrol sebagai pusat kendali atau dengan kata lain otak dibalik berjalannya sistem alarm kebakaran, berbagai detektor seperti detektor asap, detektor panas, detektor api sebagai alat yang mendeteksi keberadaan api, emergency breakglass sebagai alat pemicu alarm kebakaran saat detektor tidak berfungsi, sirine dan beacon sebagai alat peringatan yang mengeluarkan bunyi maupun suara untuk didengar dan dilihat penghuni.

Dalam artikel ini akan membahas komponen atau elemen utama yang terdapat didalam sistem alarm kebakaran addreessable dan apa saja peran serta fungsi mereka didalam sistem alarm kebakaran addreessable.

Komponen sistem alarm kebakaran addressable

Panel kontrol

Panel kontrol alarm kebakaran addressable memiliki keunggulan dibandingkan konvensional. Pada panel kontrol alarm addressable, Anda dapat mengetahui dengan detail dan spesifik lokasi tepat kebakaran, memicu peringatan, dan mengelola respons sistem. Panel kontrol tempat informasi dari detektor kebakaran dikumpulkan, dianalisis, dan diolah. Sinyal yang dikirimkan detektor diolah oleh panel kontrol sebelum di teruskan menjadi sinyal output ke beacon dan sirine untuk memicu bunyi alarm.

Detektor kebakaran

Detektor kebakaran memiliki berbagai jenis mulai dari detektor asap (smoke detector), detektor panas (heat detector) dan detektor api (flame detector). Masing-masing detektor memiliki cara kerja yang berbeda namun memiliki fungsi yang sama untuk mendeteksi adanya kebakaran. Detektor yang terdapat sistem alarm kebakaran addressable akan dikonfigurasi agar dapat diidentifikasi oleh sistem alarm kebakaran addressable. Sehingga saat terjadi kebakaran detektor yang mendeteksi adanya indikasi kebakaran akan terbaca oleh sistem panel kontrol sehingga titik letak kebakaran dapat diketahui dengan jelas.

Modul alarm kebakaran addressable

Setiap detektor dan perangkat lain yang terhubung ke panel kontrol memiliki alamat yang dapat diidentfikasi secara individual oleh panel kontrol. Hal ini memungkinkan sistem dalam menentukan lokasi titik kebakaran.

Sounder alarm kebakaran

Sounder merupakan alat pemancar suara yang digunakan untuk memberikan peringatan suara kepada orang-orang di area sekitar lokasi kebakaran. Perangkat ini dapat diatur untuk memberikan instruksi evakuasi atau informasi lainnya.

Beacon alarm kebakaran atau strobo lamp

Beacon merupakan lampu kilat yang digunakan untuk memberikan peringatan visual tanda bahaya kepada orang-orang dengan gangguan pendengaran atau dalam kondisi lingkungan yang sangat bising.

Jaringan Komunikasi

Beberapa sistem addressable dapat terhubung ke jaringan komunikasi untuk pemantauan jarak jauh dan integrasi dengan sistem keamanan yang lain. Sistem alarm kebakaran addressable yang dapat dipantau dari jarak jauh dan mudah dintegrasikan dengan sistem lainnya ialah sistem ACSP dari Satel Security System. Dengan dukungan akses jarak jauh ke status sistem dengan hanya menggunakan aplikasi Virtual APSP. Aplikasi Virtual APSP ini dapat digunakan di desktop dan smartphone membuat pemantau menjadi lebih mudah dari mana saja.

Terdapat berbagai komponen penting didalam sistem alarm kebakaran addressable. Masing -masing komponen ini dapat anda beli di tokopedia jakartaalarm official store atau pemesanan melalui whatsapp. Anda juga dapat konsultasikan kebutuhan keamanan dan keselamatan bangunan Anda ke jakartaalarm

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.