Seputar Keamanan & Kriminal

Jangan Sampai Salah, Berikut Adalah Langkah Memilih Fire Alarm System

Selasa, 13 Juni 2023 | 17:36 WIB

Jangan Sampai Salah, Berikut Adalah Langkah Memilih Fire Alarm System

Jakarta Alarm -  Fire alarm telah menjadi alat sistem keamanan yang sering dipakai untuk mencegah adanya kebakaran dengan mendeteksi gejala-gejala kebakaran tersebut sebelum terjadi kebakaran yang fatal.

Hal ini membuat fire alarm menjadi alat yang penting untuk dimiliki, baik untuk pemilik bisnis, rumah, atau tempat lainnya yang gampang terjadi kebakaran.

Jadi tidak heran lagi apabila lokasi-lokasi publik sudah dilengkapi dengan alat detektor yang mampu mendeteksi asap. 

Kepentingan fire alarm dalam kehidupan sehari-hari menjadikannya salah satu alat sistem keamanan yang Anda perlukan sekarang juga.

Tetapi, sebelum Anda membeli fire alarm, Anda perlu memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Pada artikel kali ini, jakartaalarm akan membahas lebih lanjut mengenai cara-cara memilih fire alarm system yang benar. Yuk disimak lebih lanjut.

Baca Juga : 4 Rekomendasi Fire Alarm Termurah Juni

Langkah-Langkah Memilih Fire Alarm System

Sebelum Anda membeli sebuah fire alarm system, maka tentunya ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu supaya mendapatkan fire alarm yang cocok untuk Anda. Beberapa langkah tersebut akan dibahas sebagai berikut.


1.  Pertimbangkan Layout Gedung / Bangunan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah untuk melihat layout gedung atau bangunan dimana Anda akan pasang sebuah fire alarm system. Apabila bangunannya terlalu luas atau besar, maka sensor yang Anda beli harus bisa lokasi api berdasarkan dengan zonanya.

Hal itu membutuhkan sebuah aplikasi dari kawat sensor yang terpisah sehingga sistem tersebut dapat mengidentifikasi api atau gejalanya berdasarkan dengan zona nyalanya.

Apabila bangunan yang digunakan semakin luas dan semakin besar, maka ada besar kemungkinan untuk memerlukan fire alarm lebih dari satu, tetapi juga ada produk fire alarm yang dapat mencakup area luas.

2.  Tingkat Mudah Atau Tidaknya Terjadinya Kebakaran

Langkah kedua yang Anda perlu pikirkan adalah apakah gedung yang Anda pengen pasangkan fire alarm mudah atau tidak terjadi kebakaran. Anda perlu pertimbangkan bagaimana sebuah fire alarm system yang Anda beli dalam memberikan sebuah peringatan kepada orang-orang yang berada didalam bangunan.

Sangat penting untuk diperhatikan bahwa fire alarm yang dibeli tidak hanya digunakan untuk mendeteksi adanya api yang menyala untuk memberikan peringatan kepada orang-orang untuk keluar dari gedung / bangunan.

Ada kemungkinan untuk Anda membutuhkan alat-alat tambahan seperti pendeteksi asap, sprinkler, dan juga sensor panas.

Baca Juga : CCTV Provision-ISR Terbaik Juni

3.  Pilih Peralatan Yang Sesuai Dengan Situasi

Untuk sebuah fire alarm system, salah satru pertimbangan yang perlu Anda pikirkan adalah untuk memilih alat yang tepat dengan kebutuhan Anda. Banyak sekali skenario kebakaran yang dapat terjadi dan Anda harus melakukan simulasi yang bergantungan dengan bangunan.

Anda juga harus mempertimbangkan alarm yang dibeli dalam fitur-fiturnya harus sesuai dengan skenario yang dapat terjadi.

Selain itu, Anda perlu memahami jenis-jenis fire alarm yang akan dipasang pada sebuah bangunan. Baik itu fire alarm yang hanya dapat mendeteksi suhu, asap, dan lain-lainnya.

Itulah cara-cara untuk memilih fire alarm yang tepat. Mudah kan? Apabila Anda sedang mencari fire alarm yang berkualitas dari berbagai merk dan juga dengan berbagai jenis, maka Anda langsung datang ke Tokopedia kami.

Anda juga dapat kontak kami secara langsung apabila ada permasalahan sistem keamanan, kami pastinya langsung akan berikan solusi.

Jangan lupa juga untuk datang ke blog kami dimana kami membahas info-info lainnya mengenai sistem keamanan.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.