Seputar Keamanan & Kriminal

3 Jenis Access Control Untuk Keamanan Kantor Anda

Rabu, 12 Juli 2023 | 08:46 WIB

3 Jenis Access Control Untuk Keamanan Kantor Anda

Jakarta Alarm -  Seperti yang telah kami bahas sebelumnya, access control merupakan sebuah alat sistem keamanan yang digunakan untuk mengatur akses individu pada suatu ruangan dalam gedung. Anggap saja access control ini merupakan sebuah kunci versi modern.

Kecanggihan access control ini membuatnya didambakan oleh banyak bisnis karena sangat berguna untuk menjaga keamanan kantor dari segala hal kejahatan seperti pencuri atau pihak-pihak yang tidak memiliki akses pada suatu lokasi.

Umumnya, access control tidak hanya memiliki satu jenis saja karena secara universal ia memiliki 3 jenis. Pada artikel kali ini, jakartaalarm akan membahas mengenai jenis-jenis access control tersebut. Yuk disimak lebih lanjut.

Baca Juga : Cara Mudah Pasang Alarm Secara Mandiri di Rumah

Jenis-Jenis Access Control

1.  Roled-Based Access Control (RBAC)

Jenis access control pertama ini bergantung pada peran atau jabatan yang berada pada sebuah gedung. Dalam arti bahwa alih-alih meninjau akses untuk tiap segala individu yang baru.

RBAC ini justru menempatkan sebuah jabatan seperti manajer finansial atau manajer marketing kepada individu-individu yang menematkan posisi-posisi tersebut.

Jenis access control ini sangat populer karena memudahkan orang-orang dalam bekerja. Jadi bukan hal yang mengagetkan lagi apabila Anda sering melihat access control jenis RBAC pada banyak perkantoran.

2.  Discretionary Access Control (DAC)

Kalau jenis access control ini meletakan tanggung jawab akses individu secara penuh kepada pemilik bisnis. Berarti para pemilik bisnis memiliki kekuasaan untuk menentukan siapa yang diberikan akses kepada sebuah gedung dan siapa yang tidak.

Tetapi walaupun hal ini kedengaran seperti suatu hal yang bagus, kenyataannya kontrol penuh yang diberikan terhadap pemilik bisnis ini dapat mengundang serangan malware yang dapat merugikan perusahaan.

Serangan malware ini biasanya tidak disadari oleh pemilik bisnis, yang tentunya sangat bahaya. Hal ini menjadikan jenis access control ini menjadi jenis yang paling lemah dibandingkan dengan access control lainnya.

3.  Managed Access Control (MAC)

Jenis access control ini satu tingkat diatas DAC. MAC merupakan kontrol akses umum bagi para organisasi yang memiliki tingkat kerahasiaan yang tinggi sebagai contoh lembaga militer atau institusi lainnya.

Umumnya, jenis access control ini akan mengklasifikasikan lalu melabeli semua individu yang terdaftar pada sebuah gedung sebelum mereka dapat akses dari tim keamanan.

Baca Juga : Produk TRIKDIS Untuk Mengontrol Alarm Anda



Itulah jenis-jenis access control yang dapat Anda beli sekarang juga hanya pada Tokopedia kami. Apabila Anda ada permasalahan lainnya mengenai sistem keamanan, maka Anda dapat langsung kontak kami dan tentunya kami akan berikan solusi terbaik untuk masalah Anda.

Jangan lupa juga untuk datang ke blog kami untuk mendapatkan info-info lainnya mengenai sistem keamanan.





Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.